RSS

Materi IPS

Kerjasama di Sekitar Lingkungan Rumah


Pernahkah kamu bekerjasama di rumah? Dalam keluarga, setiap orang mempunyai kedudukan dan peran masing-masing. Misalnya, Ayah adalah kepala keluarga, ia bertugas mencari nafkah. Selain itu, Ayah juga adalah pemimpin keluarga yang bertugas mengarahkan semua anggota keluarga agar menjadi baik.Dalam menjalankan tugasnya, Ayah di bantu oleh Ibu. Ibu bertugas mengatur rumah dan menjaga serta mendidik anak-anak. Dalam mengatur rumah, tentu ibu tidak bekerja sendirian, melainkan di bantu oleh anakanak. Anak-anak harus membantu ibu mengerjakan pekerjaan rumah, seperti menyapu, menyiram tanaman dan sebagainya.
Dengan demikian, setiap anggota keluarga bekerja sesuai dengan perannya masing-masing sehingga situasi di rumah sangat menyenangkan dan nyaman. Bagaimana dengan keadaan di rumahmu? Sebagai gambaran, perhatikan cerita di keluarga Anton berikut ini.
Kerjasama di Keluarga Anton
Anton mempunyai seorang kakak perempuan. Ayahnya bekerja di sebuah perusahaan swasta terkemuka sedangkan ibunya adalah ibu rumah tangga. Di rumah Anton mempunyai tugas sendiri, yaitu menyiram tanaman sedangkan kakaknya bertugas menyapu.
Setiap hari Ibu membereskan rumah dan menyiapkan sarapan. Anton merasa bangga, karena ibunya seorang wanita lembut dan setiap pekerjaan yang dilakukannya selalu selesai dengan cepat dan rapi.
Karena ibu masih sakit setelah melahirkan, tugas-tugas ibu di rumah di kerjakan bersama oleh Ayah, kakak, dan Anton. Mereka bekerjasama dan membagi tugas membereskan rumah dan menyiapkan sarapan. Anton, membantu kakak menyapu rumah. Sedangkan Ayah menyiapkan sarapan. Jadi  meskipun ibu tidak bisa menjalankan tugas seperti biasanya, rumah tetap rapi dan bersih. Senang bukan? Bagaimana denganmu? Apakah kamu suka membantu ayah dan ibu? Pada suatu waktu, ibu melahirkan adik laki-laki, Anton dan Kakak serta Ayah sangat senang.


Sumber : http://pustakamateri.web.id/kerjasama-di-lingkungan-rumah-sekolah-dan-masyarakat/

0 komentar:

Posting Komentar